cara membuat blog menjadi seo

Intippagi.com - Halo sobat blogger indonesia ? apa kabar semua, pasti baik-baik saja bukan ? ini bukan mimin, tapi perkenalkan saya rohandi blogger pemilik situs intippagi.com. Tentu bukan tanpa tujuan saya menulis artikel pada kesempatan ini, hal ini saya lakukan karena sebagai bentuk simpati saya kepada blogger tanah air yang saat ini jumlahnya semakin banyak dan seperti yang Anda tahu bahwa saat ini juga banyak sekali bimbingan seo, bimbingan blogger, bimbingan marketing yang meraba luas di dunia internet bahkan offline, biayanya pun cukup mahal dan tidak sesuai dengan para blogger pemula.

Maka dari itu maksud saya menyempatkan menulis disini adalah bertujuan untuk membantu membuka mata para blogger yang "maaf" masih dikategorikan baru nyemplung atau banyak yang menyebutnya "newbie".

Disini saya sendiri bukan seorang mastah atau pakar seo, hanya saya disini mengerti cara google merayapi setiap situs website atau blog. Dan sebenarnya hal ini belum pernah saya ceritakan pada siapapun terkecuali di program bimbingan belajar blog - the next blogger materi bab 1 bagian 5 ⇗.

Kenapa saya menceritakan hal ini ? 
jika ini benar kenapa tidak dipakai untuk kepentingan sendiri saja ?

Mungkin itu yang sudah jadi pertanyaan Anda, dan sudah pasti Anda akan berfikir bahwa isi dari materi ini adalah sama saja dan sama saja dengan yang ada pada sebelumnya. Tentu Anda bebas berpendapat, tapi ada hal yang ingin saya katakan, bahwa tutorial ini adalah pertama dan terakhir kalinya saya menyempatkan waktu untuk menulis. 

Banyak hal yang saya harus lakukan dengan tim untuk mengembangkan situs intippagi.com dan beberapa situs saya yang lainnya. Dan maka dari itu, dengan adanya kesempatan ini, ijinkanlah saya untuk memberikan tutorial membongkar rahasia seo blogger.

Apa ini work it ? atau sensasi ? 
Semua jawaban akan terjawab setelah Anda mempraktekan sesuai dengan apa yang saya sebutkan dibawah ini. 

Oh iya, ada satu hal lagi yang perlu diingat, didalam membaca artikel atau informasi pastikan posisi duduk Anda dalam keadaan benar, dan siapkan air putih (minumlah saat Anda merasa gerah) agar radiasi pada layar smartphone atau komputer tidak membuat mata dan sistem kerja otak menjadi berkurang. 

Sekarang akan saya mulai topik utama sesuai judul yaitu bongkar rahasia blogger.

Catatan : disini saya tidak tahu Anda menggunakan media blogger, wordpress atau cms lainnya, dan saya juga tidak tahu berapa lama umur blog atau domain Anda, yang perlu Anda butuhkan disini hanyalah melakukan sesuai langkah-langkah yang saya berikan dibawah ini.

Bongkar Rahasia SEO BLOGGER

Teori Dasar : Siapa Anda, Apa blog Anda, dan isi konten Anda ?



Cara membuat blog atau website



Anda terlalu tergesa-gesa dalam membuat blog dan website, dan ini disebabkan karena Anda melihat bahwa diluar sana banyak yang sukses dan menghasilkan uang dari internet khususnya melalui blog.

Anda juga berfikir bahwa dengan blog "bisa menjadi mereka yang menghasilkan ratusan bahkan ribuan dolar dalam perbulannya".

Dan sampai tiba Anda melakukan dan mempraktekannya, mungkin Anda akan mengatakan :
  • Bikin blog awalnya gimana ya, kok susah ya
  • Blog nya udah aku buat, tapi kok gak dapet penghasilan
  • Blog aku udah aku isi artikel. kok google adsense tolak terus ya
  • Blog punya akun adsense punya tapi kok penghasilan perharinya rendah bahkan BPK Adsense blog gak sampe seribu.
  • Kok blog atau website ku sepi amat kaya kuburan gak ada pengunjungnya
  • Kapan gajian nih google, seret amat.
Dan tentunya masih banyak hal lainnya, yang mungkin Anda jadikan keluhan selama menekuni dunia blogger.


Ini menurut saya, percaya atau tidak, Semakin Anda ingin menjadi mereka, maka Anda tidak akan tahu siapa diri Anda sebenarnya. Bahkan Anda juga telah melupakan bahwa diri Anda bisa jauh lebih hebat atau baik dibandingkan mereka.

Jadi disini yang pertama harus Anda lakukan agar bisa membongkar dilematis seo pada blog adalah mengenal diri Anda sendiri sebelum memulai membuat sebuah blog.

1.) Bagaimana cara mengenal diri Anda agar blog yang dibuat setidaknya memiliki hasil yang maksimal ?


Terdapat 5 teori dasar mengenal diri Anda, yaitu :

1. Profesi Anda apa ?
Percaya atau tidak dengan profesi yang Anda jalani sekarang ini bisa memberikan Anda penghasilan diluar dugaan Anda, contohnya saja tukang ojeg, tukang ojeg banyak melalui cerita-cerita sehari-hari dalam menempuh perjalanan serta banyak melihat berbagai macam kegiatan unik, dan dari situlah Anda bisa memperoleh materi konten yang nantinya Anda isi didalam blog, Mudah bukan ? 

2. Hobby Anda apa ?
Percaya atau tidak hobby yang Anda punya bisa menjadikan diri semakin baik, hobby apapun (positif) akan menghasilkan ide karya yang fantastis, dan lagi lagi dengan hobby Anda tidak akan sulit untuk menentukan isi konten pada blog Anda.

3. Minat Anda apa ?
Mungkin Anda memiliki profesi dan mungkin juga Anda memiliki hobby tapi dalam mendirikan blog itu saja belum cukup, apalagi untuk memiliki hasil yang dikatakan maksimal. Jadi disini Anda harus tahu minat Anda apa, dengan minat profesi dan juga hobby bisa berdampingan dan meniciptakan suatu ide dan juga gagasan yang menarik dan pastinya bisa membuat konten yang berkualitas.

4. Hal yang paling disuka apa ?
Hal yang disuka merupakan menyenangkan bagi Anda, dan meskipun itu berada diluar jangkauan Anda bisa menjangkaunya karena yang namanya hal yang disukai adalah awal dari minat, tinggal tergantung Anda mau mengambilnya atau tidak.

5. Hal yang paling tidak disuka apa ?
Suka itu wajar, tapi pasti ada yang menjauh dari hal yang tidak disuka, dan ini  bisa jadi merupakan suatu tantangan kedepannya didalam menjalani profesi blogger karena dimanapun dunia yang Anda tekuni akan menjadi jauh lebih baik terhadap hal yang tidak disuka, misalnya saja komepetitor. Dengan adanya kompetitor disini anda bisa bersaing dengan ke empat hal yang sudah Anda punya. adanya kompetitor menjadikan diri Anda jauh dari kemalasan untuk berkembang, lengah saja sedikit maka kesempatan bisa langsung diambil oleh kompetitor, jadi banyaklah mempelajari hal yang tidak disuka (selama itu positif).

5 hal diatas sebenarnya sudah Anda ketahui tapi belum Anda pahami, dan itu terdapat pada menu dashboard blogger dan menu homepage google adsense.


Jika saat ini Anda sudah merasa lelah, sebaiknya lanjutkan membaca pada waktu berikutnya karena materi ini sangat amat panjang. Jagalah kesehatan mata dan jangan lupakan aktifitas dunia nyata.

3 Teori tujuan dasar menjadi blogger yang bisa Anda pilih
Selain 5 teori dasar diatas terdapat 3 pilihan sulit dalam menentukan tujuan membuat blog, jika uang tujuan Anda maka hal  itu adalah salah besar, uang bisa dicari dengan hal apapun selagi Anda mau, mengemis pun bisa mendapatkan uang meski tidak baik tapi uang bisa didapatkan. yang dimaksudkan disini adalah lebih kepada kredibilitas diri Anda dalam menjalankan blog baik dalam waktu pendek maupun waktu panjang.

  • 1. ) Mencipatakan konten didalam suatu blog dan memanfaatkan program periklanan seperti google adsense.
    ⇛ Anda bisa membangun blog tanpa tim.
  • 2. ) Menciptakan konten didalam suatu blog dan memanfaatkan berbagai macam produk yang Anda punya serta mengikuti layanan program afiliasi.
    ⇛ Bisa sendiri, dan lebih baik ada tim.
  • 3. ) Semuanya yang penting memiliki nilai positif dan menguntungkan.
    ⇛Tidak bisa sendiri, karena intippagi.com termasuk dalam 3 kategori ini, dan jika ditanya berapa jumlah tim saat ini sudah ada 100 lebih, dan jika ditanya bisa dikerjakan sendiri atau tidak, jawabannya bisa tapi disini Anda akan kehilangan waktu dunia nyata hampir 100%.

Pilihan diatas bisa dipilih secara keseluruhan jika Anda sudah tahu langkah-langkahnya. 


2.) Bagaimana cara menentukan blog yang akan Anda buat ?

Kenapa materi yang saya jelaskan judulnya "rahasia seo" tapi melintang ke pembuatan blog ? disini Anda perlu membuka mata, bahwa yang namanya seo itu perlu tindakan dasar awal dari membuat sebuah blog atau website. Jadi bagi Anda yang baru saja mengenal seo, dan ingin langsung mempraktekannya maka lebih baik mempraktekannya dari nol, agar hasilnya sama dengan teori dan materi yang sedang saya tulis ini.

__Lanjut, cara menentukan blog yang ingin dibuat.

Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan beberapa tahun belakangan ini, terdapat 2 blogger yang dimata saya paling maksimal dalam dunia blog,. yaitu blog milik mas sugeng, dan juga blog milik arlina design. 

Kenapa saya bilang paling maksimal ?
Jawabanya simple sangat, dan lihat perbandingannya dibawah ini.

5 Kesamaan Karakteristik Antara Blog Mas Sugeng dan Arlina Design : 

Bongkar Rahasia SEO BLOGGER 100% Work it!

Mas sugeng dan arlina design sama sama memiliki salah satu diantara 5 teori dasar mengenal diri yang sudah saya jelaskan diatas.

Jika mas sugeng membuat blog dengan domain sugeng.id dan arlina design dengan domain arlinadzgn.com maka yang jadi kesamaan mereka dalam karakteristiknya adalah :

Profesi ⇛ Hobby ⇛ minat ⇛  hal yang disukai ⇛  dan hal yang tidak disukai

Profesi :
Jika ditanya profesi dunia nyata pemilik blog mas sugeng atau pemilik arlina design jelas tidak jauh dengan yang namanya dunia internet. Atau jika mereka menekuni profesi lain, tetapi pasti ada tekad kuat meluangkan waktunya memanfaatkan dunia internet lewat blogging.

Hal yang paling familiar ketika saya sendiri, terjun diblog ditahun 2009, dimana waktu itu saya masih belajar yang namanya redesign thema blog (ya saya dulu nyemplung ke blog karena suka desain ulang tema, karena dulunya saya bercita-cita sebagai arsitek, namun karena ekonomi tidak mendukung akhirnya saya sendiri hanya bisa meneruskan pendidikan sampai s2 (sd dan smp) ).

Ternyata dibalik kesukaan saya meredesign tema-tema karya blogger. Saya melihat bahwa terdapat suatu karya yang sangat membanggakan, dan karya tersebut paling saya banggakan kepada mas sugeng dan pemilik situs arlina design. Mereka membuat karya template blogger yang menurut saya paling maksimal. Dan dari kacamata saya inilah, saya sendiri (rohandi blogger) tidak mau ikut-ikutan bikin template blogger juga, dan lebih suka dengan berkembangnya mereka dan mungkin para blogger lain yang memilih ikut membuat karya template blogger.

Karena kelancaran saya meredesign tema blogger yang didasari oleh ilmu di smp dan berbagai macam tutorial ditahun 2009, disini saya tetap menghargai karya mereka dan tidak menghilangkan credit template. ini saya lakukan agar mereka yang tidak tahu menjadi paham dan mengerti, bahwa membuat template atau merancang sebuah template itu butuh perjuangan dan waktu yang harus dikorbankan. dan sampai saat ini saya sendiri terhadap situs blog intippagi.com menggunakan template karya template yards ⇗ yang saya tambahkan beberapa css dan desain warna yang saya sukai, kenapa alasan saya tidak membeli template blog ini ? hmm sebenarnya alasannya adalah  ingin merekomendasikan beberapa situs penyedia template, dan perlu diingat, ada satu hal dasar yang diperjuangkan para pembuat template yaitu bagaimana caranya ketika tema itu di redesain ulang bisa memiliki ciri khas dan lebih memiliki karakteristik terhadap isi blog itu sendiri.

Oh iya dulu si mimin intip pagi pernah menulis mengenai 5 template blog yang kece, menurutnya, dan next time sobat bisa membacanya di link ini : https://www.intippagi.com/2018/01/template-blogger-untuk-meningkatkan-traffic-dan-visitor-blog.html

Jadi intinya mas sugeng dan arlina design sama sama punya karya, dan mereka melakukan itu, betul ?

Hoby :
Setiap orang punya hobby, dan sudah jelas kalau blog mas sugeng dan pemilik blog arlina design sama sama memiliki hobby membaca dan juga menulis, jika tidak bagaimana mereka bisa memperoleh konten ? menyewa penulis artikel ?  oh tentu bisa iya, tapi apakah mereka bisa begitu saja menerima hasil tulisan si jasa artikel seperti misalnya layanan jasa artikel pro ⇗

Mereka mungkin saja menggunakan jasa penulisan artikel blog tapi ingat mereka pasti sudah melakukan hal penting sebelumnya, seperti misalnya meriset kata kunci atau yang disebut keyword. dan dalam riset kata kunci tentu butuh yang namanya analisa. didalam analisa butuh yang namanya budidaya membaca, dan juga menulis, agar hasil riset keyword lebih maksimal.

Atau sebut saja bukan hobby, tapi memang , yang namanya membaca dan juga menulis bukan dilakukan selama sekolah saja, tetapi sampai akhir hayatpun selagi organ berfungsi dengan baik menulis dan membaca perlu dilakukan.

Minat :
Semua itu butuh minat jika ingin terlaksanakan, dan untuk bagian ini sepertinya tidak perlu terlalu panjang menjelaskannya. Atau contoh simplenya gini, Anda mau pergi ke kebun binatang, karena jaraknya jauh dari lokasi Anda, makanya jadi gak mau kesana, dan ini namanya bisa dibilang bukan alasan, tapi gak minat atau kurang minat. Tapi sebaliknya jika ada kemauan pasti tentu perlu tekad, dan dibalik kerja keras pasti ada jalan. Simple ???
 
Hal yang disuka dan tidak disuka :
__Sugeng.id
Mari buka tab baru dan mengunjungi situs mas sugeng, dan lihat apa yang tidak disuka oleh mas sugeng didalam blognya tersebut ?

Jika Anda teliti, maka jawaban paling utamanya adalah mas sugeng di blognya yang domain sugeng.id dia tidak suka, tidak mau, dan tidak minat memasang iklan google adsense. Dan lebih memilih menjual beberapa karya template blog nya, karena disini mas sugeng melihat besar peluang dengan menjual produk sendiri akan memiliki income besar, jika dibanding memasang iklan google adsense. Disini mas sugeng melihat adanya peluang besar dan kesempatan, dan ini tidak dilarang, ini merupakan strategi bisnis. dan bisnis apapun pasti butuh yang namanya strategi. mulai terang ? atau masih membaca kezel ?

Oh iya meskipun mas sugeng di blog yang domainnya sugeng.id tidak memasang iklan adnsense, tapi mas sugeng membuka jasa jv adsense loh, hemm penasaran, mungkin next time bisa kunjungi link berikut ini :
___Lanjut membaca ya. ( kalau ada yang lebih penting dan sudah lelah istirahat dulu sob, jangan terlalu diporsir)

Hal yang disuka dan tidak disuka :
__Arlina Design

Pertama kali yang Anda ucap ketika mengunjungi blog arlina design adalah "yah gak bisa copas, yahh dan yahh". Disini saya akan jelaskan kenapa situs blog arlina design melakukan itu ? 

Alasannya memang dimulai dari ketidaksukaan terhadap para pencuri konten, tapi,,,, situs blog arlina design memiliki tujuan agar setiap visitor blognya bisa mempunyai jiwa yang kreatif.

Jika ditanya apa yang paling disuka oleh arlina design, sepertinya belum pada tahu, dan yang paling disuka oleh arlina design adalah situs blog dan konten blog sangat berjalan dengan ritme dan perkembangannya bahkan situs arlina design punya web khusus download karya template arlina design namanya IDN THEME ⇗.

Arlina design mempunya dan memperoleh penghasilan super dobel loh. dari adsense iya, jual template iya, iklan review iya, dan pasti ada lagi bisnis lainnya lagi.

Oh iya tadi dikit bahas soal copas, disini saya akan kasih trik sedikit saja, karena sebenarnya meskipun anti klik kanan didupkan atau fungsi keyboard dimatikan, dan inspect element dimatikan, tapi jika Anda menekan tombol f9 maka sudah bisa mengcopy isi konten, dan F9 ini disebut sebagai tampilan baca. Gunakan browser mozila firefox dan aktifkan tampilan baca. Ingat tampilan baca ini gunanya untuk membaca dan menyalin untuk dipelajari, dan bukan untuk mencuri konten dan mempublikasikannya ulang di blog Anda.

3.) Bagaimana dengan isi konten Anda jika baru ingin membuat blog ?

Singkat dan cerdas saja, Jika sampai saat ini Anda membaca selama kurang lebih 20 menit, itu tandanya Anda robot dan maunya yang instant instant saja, bacalah menggunakan nada dan irama yang merdu dimata hingga reaksi otak lebih menangkap dan cepat tanggap.

Anda dapat dengan mudah menentukan isi konten pada blog jika sudah memahami hal hal diatas, apa saja ? pasti lupa ya, berikut hal-hal yang ada didalam diri bisa dijadikan sebuah konten dalam blog :

cara menjadi blogger

dan jangan lupa dengan hal berikut ini :

Kesimpulan Teori Diatas : Kematangan Diri

Bongkar Rahasia SEO BLOGGER 100% Work it!

Terimakasih sudah membaca sampai saat ini, maaf bila membuat lelah dalam membaca, karena dikonten ini saya jujur ingin memberikan pencerahan bahwa dunia blogging itu tidak semudah dan tidak pantas dianggap remeh, jadi ini adalah suatu kesempatan saya yang pertama berikut juga yang terakhir berbicara soal tutorial blogger.

Kesimpulan dari Teori dasar diatas adalah tentang kematangan diri menjadi seorang blogger. Kenapa harus matang, simple saja, jika lontong yang Anda buat belum matang (masak) maka dimakanpun rasanya tidak begitu enak, bagaimana jika Anda menjualnya, pantas pun tidak, mungkin pantas saja, tapi bagaimana respon pembeli ketika memakan lontong tersebut. Begitupun juga sebuah blog, jika Anda belum mematangkan diri dalam sebuah blog, bagaimana bisa mendirikan sebuah blog yang disukai pengunjung internet. Jangankan hasil, pengunjung pun tak ada, tak ada pengunjung maka layanan periklanan seperti google adsense pun akan menolak pendaftaran google adsense blog atau situs Anda.


Bongkar Rahasia SEO BLOGGER

Praktek SEO Konten : Mari Buktikan Sekarang ?

Beberapa minggu lalu saya mengadakan konten seo 7 days secara gratis dan itu saya umumkan di grup facebook blogger indonesia, dan seperti biasa saya selalu dapat hujatan negatif, tapi tak apa mereka bebas berpendapat, dan inilah hasil dari konten seo 7 days yang sudah selesai. dan bisa Anda dapatkan didalam promo terbaru artikel pro ⇗





Sebelum saya menjelaskan disini cara membuat konten seo didalam situs blog ataupun website, pastinya saat ini Anda masih bingung dan penasaran tentang tata cara dan langkah-langkah membuat blog.

Berikut saya jabarkan secara singkat :
1. Pastikan sudah memahami dan menguasai teori dasar yang sudah saya sebutkan diatas.
2. Pilih template dan desain ulang sekiranya sesuai dengan isi konten dan juga blog
3. Verifikasikan situs blog atau website Anda di google search console, dan jangan lupa menggunakan verifikasi metode alternatif seperti yang ada dibawah ini :
Khusus Blogspot.com penyedia nama domain tidak berlaku, jadi bisa pakai cara tag html, google analytics, dan google tagmanager. Sedangkan untuk web hosting bisa menggunakan semua metode diatas, domain blogpost yang TLD  seperti .com juga bisa dan akan terotomatis terverifikasi dengan metode penyedia nama domain.
4. Submit sitemap blog dan juga lakukan pengaturan setting robot txt.
5. Atur jadwal kapan waktu paling enak untuk melakukan mengisi konten pada blog, selain mengisi konten, Anda juga bisa melakukan kegiatan promosi menggunakan fb ads, google ads, ig ads, dan lainnya hal ini digunakan agar blog memperoleh banyak trafic diluar seo.
6. Mulailah memikirkan penghasilan dari blog jika semua point sudah aman, termasuk visitor blog. 
Nb : Jika belum paham terhadap point 1 s/d 6 bisa searching di google , sudah banyak yang membahasnya.

Praktek Seo Konten  : Real Work!

Praktek Seo Konten

Anggap saja sekarang ini Anda sudah melakukan hal hal diatas, dan tiba saatnya Anda bertanya, bagaimana konten atau artikel ditemukan google, atau kita temui di google ? 

Jawabannya satu yaitu membuat konten, dan menerapkan seo didalam konten, jadi sebut saja konten seo. Perlu diketahui bagi Anda semua hanya 1 jenis konten yang sangat cocok diterapkan dengan seo, yaitu konten yang mempunyai materi yang merupakan karya sendiri serta memiliki kualitas.

Saya akan memberikan totorial untuk blogger agar artikel atau konten yang dibuat bisa ada di google, ya syukur-syukur ada di page one.

SEO DASAR KONTEN YANG WAJIB ANDA KETAHUI :
  • Membuat analisis beberapa kata kunci yang sekiranya memiliki tingkat penelusuran tertinggi = jika untuk menambah traffic atau visitor blog
  • Membuat analisis beberapa kata kunci yang memiliki tingkat penelusuran rendah = jika untuk memperlatih tingkat penguasaan SEO
  • Buatlah postingan yang materinya 100 % Anda Kuasai
  • Tulislah Judul postingan sesuai apa yang ada didalam postingan
  • Beri Judul maksimal  20 karakter atau 5 kata
  • Didalam judul setidaknya mengandung sinomim kata kunci atau arti dari kata kunci
  • Isi deskripsi penelusuran dengan 20 kata yang dimana kata tersebut mengandung pesan inti atau poin inti dari sebuah postingan
  • Edit tautan permanen judul postingan dengan kata kunci (bisa divariasikan dengan judulnya)
  • Jumlah kata didalam suatu postingan minimal 300 kata 
  • Gunakan format text heading/sub heading untuk menekankan sub judul didalam postingan
  • Berikan gambar yang sesuai informasi didalam postingan (jgn lupa berikan alt image, title image dan caption (ini disebut sebagai properti pada gambar postingan di blogger)
  • Dalam paragraf utama postingan isi kata awal dengan 1 kata kunci yg di cetak tebal.
  • Didalam pengetikan postingan bagian isi, jangan terdapat pengulangan kata kunci  sebanyak 3 x .
  • Didalam pengetikan postingan bagian isi gunakan sinonim kata kunci maksimal sebanyak 3 x, dan gunakan antonim kata kunci sebanyak 2 kali. gunakan cetak miring atau underline untuk membedakan mana itu sinonim dan antonim kata kunci.
Setelah memahami dasar dasar seo konten diatas tiba pada bagian akhir yaitu tutorial seo konten di blogger.

Cara menulis postingan dan Membuat Halaman (memahami, dan menguasai metode penulisan di bloggger + PANDUAN MENULIS SEO


Menulis Postingan
Mari Anda simak baik-baik gambar diatas,
  • Pilih menu compose untuk menulis menggunakan teks normal
  • Dan untuk menulis menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Markup Language  maka pilih HTML.
  • Area yang diberi warna kuning adalah area dimana Anda menulis potingan.
Pada bagian isi judul, silahkan isi judul postingan yang ingin Anda buat, maksimal jumlah kata dalam judul postingan tidak terbatas, namun disarankan adalah maksmimal 20 karaker huruf / atau 5 kata.

Terdapat banyak menu icon pada toolbar dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, diantaranya :
  • Undo : Berisi perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. Alternatif melakukan Undo bisa menekan kombinasi Ctrl + Z pada keyboard. 
  • Redo : Berisi perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. 1. Alternatif melakukan Undo bisa menekan kombinasi Ctrl + Z pada keyboard. 
  • Font : Untuk memilih jenis huruf, di blogger tersedia jenis huruf seperti ; Arial, courier, Georgia, Helvetica, Times, Trebuchet, & Verdana. Namun disarankan untuk tidak mengubah bagian huruf.
  • Font Size : Berfungsi untuk memilih ukuran huruf, sangat besar, besar, kecil, normal. Disarankan untuk menggunakan font Size normal. Gunakan fontsize diatas normal jika didalam tulisan tersebut Anda membutuhkan tulisan yang lebih besar, atau lebih kecil.
  • Format Text : Berfungsi untuk mengantu format text menjadi heading, sub heading, atau minor heading. Fungsi heading/sub heading,digunakan untuk memberikan bagian penekanan judul didalam suatu posingan. dan fungsi minor heading adalah untuk menekankan sejumlah kalimat penting didalam isi postingan.
  • (B) Bold : untuk membuat cetak tebal pada HURUF, (I ) Italic : untuk membuat cetak miring pada HURUF. (U) Underline : Untuk membuat garis bawah pada HURUF.
  • ABC (Strikethrogh) : Untuk memberikan tanda coret pada HURUF.
  • Text Colour : Untuk mewarnai warna huruf/text. 
  • Text background colour : Untuk membuat warna background pada Huruf atau text
  • LINK : Untuk memasukan link kedalam suatu kata atau kalimat. Biasanya ini digunakan seperti laman postingan yang dimana suatu kata tersebut memiliki arti luas. Anda bisa melihat  contoh dihalaman wikipedia.
  • INSERT IMAGE : untuk memasukan gambar
  • INSERT A VIDEO : untuk menambahkan vide, via upload atau bisa melalui link url video youtube.
  • INSERT A SPECIAL CHARACTERS : Jika Anda melihat ada emoticon pada materi ini, maka itulah fungsi spesial karaker. Selain emoticon, terdapat juga simbol simbol khusus.
  • INSERT JUMP BREAK : Melompat ke halaman  isoi posting selanjutnya
  • ALIGNMENT : Untuk menentukan format text dalam menulis
  • NUMBERED LIST : untuk memberikan daftar list dengan angka
  • BULLET LIST: Untuk memberikan daftar list dengan simbol list
  • QUOTE : Untuk membuat format text seperti tanda kutip yang berada di tengah-tengah. 
  • Contoh text dalam format quotes.
  • REMOVE FORMATING : Fungsi ini untuk menghapus format yang Anda terapkan pada suatu kata atau kalimat.
  • CHECK SPELLLING :Untuk mengechek apakah ada kesalahan pada penulisan kata, imbuhan dan lain sebagainya.
  • TRANSLITERATE WORDS : fungsi ini jarang digunakan dalam mode postingan jadi abaikan saja. Namun fungsi utamanya adalah untuk menganti mode tulisan dalam bahasa lain.
Label : isi dengan kategori postingan, atau topik yang terkait dengan apa yang dibahas didalam postingan.

Jadwal : disini adalah menu untuk mengatur kapan jadwal postingan yang Anda buat akan dipublikasikan.

Tautan Permanen : disini adalah alamat url sebuah postingan blog disebut sebagai tautan permanen, yang artinya jika sudah dipublikasikan url ini tidak dapat dirubah. dan selain itu tautan permanen ini juga bisa disesuaikan oleh Anda dengan catatan postingan belum dipublikasikan.

Lokasi : Fungsi ini untuk menyesuaikan lokasi dimana tempat Anda menulis postingan.

Deskripsi Penelusuran : Disini tempat dimana Anda bisa mengisi deskripsi postingan, isi dengan maksimal 20 kata.

Pilihan : Disini bisa Anda sesuaikan apakah para pembaca blog bisa mengomentari postingan atau tidak, jika iya maka abaikan, namun jika tidak maka "jangan ijinkan".

Hal Penting Penerapan Konten Seo di Blog :

Namun Sebaiknya yg utama dalam seo adalah penguasaam materi yg benar-benar real, unik, dan pastinya lebih berkualitas dari yang pernah ada sebelumnya.

Penggunaan atau bidikan kata kunci dalam seo tidak selamanya work dan berhasil karena semua kata kunci yang diterapkan dalam postingan akan ditampung oleh database google dan sampai google mengecheck lalu mengupdatenya.

Untuk mengecheck apakah Artikel yang dibuat masuk dalam kategori seo adalah :
1. Cari di google sesuai kata kunci yang telah dibuat pada postingan
2. Selain kata kunci, Anda juga bisa mencari menggunakan sinonim kata kunci
3. Mencari dengan menggunakan judul pada postingan blog
4. Mencari berdasarkan url postingan pada search bar google, bukan addres bar.

Jika dalam page 1 s/d 10 artikel atau postingan tidak ada atau tidak tidak tampil itu artinya Anda semua harus belajar dan bersabar lagi.

Tambahan dan Masukan :

Nomor duakan Seo dan utamakan kualitas postingan / artikel yang Anda buat.

Penutup Bongkar Rahasia SEO BLOGGER 100% Work it! : 

Terimakasih sudah menyempatkan membaca konten ini, isi dari konten ini merupakan materi bimbingan belajar blog yang ada pada program the next blogger.

Jika penasaran dengan program the next blogger bisa mengunjunginya dihalaman berikut ini : 



Akhir kata saya rohandi dan atas tim lainnya mengucapkan banyak terimakasih dan salam sukses untuk kita blogger Indonesia. Amiin.