Bank Keliling bisa memberikan Anda solusi pinjaman dana dalam jumlah tertentu di waktu yang sangat cepat, tidak menunggu waktu berhari-hari atau berminggu-minggu, "bank-keliling" bisa mencairkan pinjaman uang yang diajukan saat itu juga***.

Bank Keliling
BANK KELILING, SENGSARA TAK BERUJUNG, EDITOR PIC: ROHANDIBLOGGER/INTIPPAGI

Intip Pagi - Jumpa lagi bersama mimin disini, khusus pagi yang berbahagia ini mimin mau bahas keterkaitannya soal pinjam meminjam cepat langsung cair. Oh iya, tapi sebelumnya mimin mau minta tolong kepada bapak-bapak, ibu-ibu, tante-tane (peeweet) adi-adik, kakak-kakak anu ganteng anu kece anu sagalana lah 😉😉😉,   untuk melakukan share informasi ini sebanyak-banyaknya ke teman, ke saudara, bahkan ke tetangga-tetangga, atau keseluruh belahan dunia (aiihhh mimin lebay). 😅😅😅😅 

Karena apa ??  Karena pada postingan ini mimin akan bahas tuntas soal pertanyaan yang masuk tgl 29 juli 2018 melalui email yaitu :
Bank Keliling itu apa min intip pagi, bisa minjem gitu ya ?, caranya gimana , kalau mau cari bankkelilingnya dimana ?? aman gak si min, jawab ya min penasaran . 
😱 😱 😱
Nanya, Nyanyi bund ?
Kalah Goyang Nasi padang hi hi hi

Tapi gak apa, karena kebetulan mimin tugas update pagi ini, jadi pertanyaan soal BANGKE (bank-keliling) akan mimin tuntaskan, secara tajam setajam duren :D wkwkwkw

Jadi inget nih ya, wajib share supaya bermanfaat bagi banyak orang, hehe he he, gak usah kesel bacanya ya, mimin udah lama gak bercanda soalnya... jadi maklum  😚😚😚

Oke tanpa mengulur apa saja yang diulur, dibawah ini mimin akan jelaskan mengenai BANK-KELILING menurut bahasa indonesia yang baik dan benar.

Selamat Membaca. 
Jangan lupa Seruput Kopi Teh nya 
Biar maknyes bacanya. 💃💃💃

BANK KELILING 

rentenir bank keliling
ilustrasi oleh DevianArt Editor Pic : Rohandiblogger/Intippagi
- Pengertian dan Latar Belakang 
- Nominal Pinjaman 
- Syarat Pinjaman
- Suku Bunga Pinjaman
- Biaya Administrasi
- Tabungan
- Ilustrasi Pinjaman, Pencairan, Pembayaran Cicilan
- Dampak Negatif
- Cara terhindar Jeratan Bank-Keliling

Pengertian dan Latar Belakang

Bank Keliling adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang pinjaman dana instant "uang" dalam jumlah  nominal tertentu. Akrab disebut "Bangke" di kalangan masyarakat, badan usaha pinjaman ini menjadi paling banyak diminati oleh masyarakat ekonomi terbatas, karena proses pinjaman dana yang mudah cepat dan seketika langsung cair.

Untuk menjumpai atau sekedar mengetahui keberadaan bank-keliling biasanya bisa ditemui di pangkal-pangkalan ojek, warung kopi, warteg atau ditempat-tempat para pedagang menengah kebawah. Bukan karena mereka mangkal atau sejenisnya, biasanya para pedangang-pedagang tersebut sering didatangi oleh pegawai bank-keliling untuk menawarkan pinjaman.

Bank-keliling memiliki jangka waktu tertarget dalam memberikan tempo pinjaman kepada nasabahnya, yaitu mulai dari mingguan, dan bulanan. Dan paling banyak, bank-keliling memberikan tempo selama kurang lebih 30/40 hari.

Badan usaha pinjaman dana tunai tercepat ini, umumnya dikelola secara terorganisasi yang memiliki karyawan layaknya badan usaha umum lainnya. Dalam suatu struktur organisasi bank-keliling terdiri diantaranya beberapa pekerja yang memiliki tugas dan peran yang berbeda-beda.

Mengenai apakah bank-keliling memiliki izin usaha yang terdaftar atau tidak saat ini belum jelas kabar pastinya, dan biasanya bank-keliling di kelola secara terorganisir disetiap wilayah.

struktur organisasi bank keliling


  • Pemilik Dana / Bos : Yang memiliki dana untuk dipinjamkan , bisa perorangan dan mungkin lebih dari 1 orang bos.
  • Bagian Keuangan : Yang mengelola keuangan baik dari atasan (bos) atau dari transaksi simpan pinjam yang sedang berlangsung.
  • Bagian Adminstrasi : Yang mengelola segala kegiatan operasional dan melanjutkannya kebagian keuangan, admintrasi lebih terlibat langsung dengan yang bertugas sebagai penagih dan pemberi tawaran pinjaman terkait proses cicilan, pengajuan, 
  • Penagih dan Pemberi Tawaran Pinjaman : Yang bertugas mencari nasabah untuk memberikan tawaran pinjaman, memberikan pencairan dana langsung ke tempat nasabah, serta melakukan tagihan secara berkala kepada nasabah yang sudah berjalan pinjamannya.
  • Pengawas Lapangan : Pengawas lapangan biasanya akan datang ke tempat nasabah, apabila proses pembayaran cicilan terjadi ketidakberesan seperti cicilan yang macet, ataupun sejumlah kendala yang tidak sesuai antara data di adminstrasi dengan buku tagihan bagian penagih dan pemberi tawaran pinjaman. Pengawas lapangan juga biasanya menemani bagian Penagih dan pemberi tawaran pinjaman saat proses pencairan dana kepada nasabah yang di Acc.

    Nominal Pinjaman

    Berbeda dengan badan usaha simpan pinjaman lainnya, suku nominal yang ditawarkan oleh badan usaha simpan pinjam menengah kebawah ini sangatlah rendah dan terbatas, yaitu berkisar mulai dari 100.000 s/d 10.000.000.

    Tapi bagi nasabah baru, suku pinjaman yang bisa diajukan biasanya hanya sekitar 100.000 s/d 1.000.000 , dan untuk pinjaman 1.000.000 - 10.000.000 bisa diajukan apabila si nasabah tersebut memiliki usaha fisik seperti toko baju bengkel, atau usaha makanan, seperti nasi goreng. 

    Syarat Pinjaman 

    Tidak sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank-keliling, yaitu hanya foto copy ktp saja, dan untuk pinjaman yang mencapai 300 ribu keatas, biasanya peminjam harus memiliki usaha dagang.

    Suku Bunga

    Suku bunga dari suatu badan usaha pinjaman bank-keliling lazimnya, memiliki suku bunga yang flat (tetap) yaitu sekitar antara 10 %, 15%, 20% dari pinjaman. Namun, kebanyakan "mereka" menetapkan suku bunga 20 % dari pinjaman. Suku bunga yang terbilang besar ini sangat diluar normal, jika dibandingkan dengan badan usaha simpan pinjam lainnya, seperti misalnya adira finance yang memiliki suku bunga 1,8% dari pinjaman yang diajukan.

    Biaya Administrasi


    "Bangke" tidak memiliki biaya potongan administrasi dalam pencairan dana pinjaman, namun biasanya para nasabah yang dicairkan memiliki inisiatif untuk memberikan "tip" (tidak wajib).

    Tabungan


    "Bangke" bisa dikatakan sebagai badan usaha simpan pinjam instant yang memiliki potongan biaya tabungan biasanya 10% dari dana yang dicairkan. Dan tabungan ini bermaksud bertujuan sebagai biaya administrasi dan simpanan. Simpanan / tabungan bisa diambil melalui 1 cara tepat, yaitu dengan cara membayar sisa pinjaman kemudian di kurangi dengan tabungan yang ada. Dengan begitu, disini disebut sebagai tutup pinjaman.
    ---

    Ilustrasi Pinjaman, Pencairan, Pembayaran Cicilan

    • Peminjam menjumpai bank-keliling
    • Mulai mengajukan pinjaman
    • Syarat FC ktp diberikan 
    • Pencairan hari itu juga atau besoknya (kecuali hari libur)
    • Angsuran Cicilan (terhitung besok)
    • Pelunasan (selama 30 atau 40 hari)

      Contoh pengajuan Pinjaman dana Dan Perhitungannya :
      • Pinjaman Rp. 1.000.000
      • Suku bunga 20% = Rp. 200.000
      • Potongan Biaya Tabungan 10% = Rp. 100.000
      • Terima Bersih Pinjaman = Rp. 900.000
      • Cicilan Perhari = Rp. 40.000 selama 30 hari
      • Total Pengembalian = Rp. 1.200.000
      Mulai saat Anda menerima  pinjaman, maka dalam 6 hari kedepan seterusnya (kecuali hari libur) Anda sudah wajib mencicil sebesar Rp. 40.000/hari selama 30 hari, Anda akan menerima seperti karcis yang disobek terdapat nomor angka yang menandakan cicilan tersebut sudah sampai cicilan keberapa. Jika selama proses cicilan tidak lancar maka pengawas lapangan bank-keliling akan mendampingi penagih mendatangi rumah atau tempat usaha Anda. Jika selama 30 hari proses cicilan lancar, maka jangan heran apabila Anda ditawarkan meminjam dalam ajuan nominal pinjaman yang lebih tinggi, dan sering disini mereka para peminjam bank-keliling terbelit hutang karena teriming-iming oleh pinjaman tersebut.

      Suku Bunga Bank-Keliling Sesuai Pinjamannya :
      Pinjaman Rp. 100.000 :
      • Suku bunga 20% = Rp. 20.000
      • Potongan Biaya Tabungan 10% = Rp. 10.000
      • Terima Bersih Pinjaman = Rp. 90.000
      • Cicilan Perhari = Rp. 6.000 selama 20 hari
      • Total Pengembalian = Rp. 120.000 
       Pinjaman Rp. 200.000 :
      • Suku bunga 20% = Rp. 40.000
      • Potongan Biaya Tabungan 10% = Rp. 20.000
      • Terima Bersih Pinjaman = Rp. 180.000
      • Cicilan Perhari = Rp. 8.000 selama 30 hari
      • Total Pengembalian = Rp. 240.000 
      Pinjaman Rp. 500.000 :
      • Suku bunga 20% = Rp. 100.000
      • Potongan Biaya Tabungan 10% = Rp. 50.000
      • Terima Bersih Pinjaman = Rp. 450.000
      • Cicilan Perhari = Rp. 20.000 selama 20 hari
      • Total Pengembalian = Rp. 600.000 

      Dampak Negatif


      tim intip pagi at cibubur junction
      Dampak negatif apabila meminjam dana uang tunai melalui jasa bank-keliling adalah fatal dan sekali meminjam akan terus meminjam, bahkan bisa lebih terlibat 2 bahkan 3 bang keliling . Hal ini telah dilakukan survei oleh tim intip pagi di wilayah jakarta timur dan bekasi 15/08/2018 dengan mendatangi sejumlah pedagang asongan dan sejenisnya, mereka  mengakui bahwa sulit sekali mencari pinjaman dana untuk tambahan modal.

      Berikut ungkapan mereka mengenai bank-keliling :
      Kita ya gak ada jaminan buat pinjam ke bank yang kaya BRI, Mandiri,  jadi solusinya ya pinjem sama rentenir bank keliling, Ucap pedagang nasi goreng kelapa dua wetan jakarta timur.
      Kalau aku si mba gak banyak minjemnya paling 1 JUTA itu juga gak lama aku suka dobel bayarnya, simpel si mba klo aku mah, yang penting kalau butuh tinggal kontek abang kelilingnya, klo minjem besar ke bank aku blm bisa karena gak punya agunan yang dijaminkan. Ucap seorang yang membuka usaha urut kesehatan di wilayah bekasi.
      Saya pernah minjem, gak bayar 2 kali diminggu pertama, eh tu si abangnya bentak-bentak, saudaraku denger langsung aja sodaraku lunasin, males urusan sama begituan lagi. Kapok ah, malu sama tetangga juga. Ucap penjual busana perlengkapan anak di wilayah gor topik hidayat jakarta timur.
      3 dari 10 orang yang terlibat meminjam di bank keliling mengakui bahwa bang keliling menjadi alternatif termudah dalam mencari modal tambahan, dan selebihnya mengakui karena terpaksa untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka yang terjerat dan masih memiliki cicilan di bank-keliling terpaksa meminjam ke bank-keliling lainnya untuk menutupi bank-keliling satunya dan seterusnya seperti itu.


      Cara terhindar Jeratan Bank-Keliling

      Mudahnya meminjam dana di bank-keliling memang menjadi alasan utama mereka untuk terus meminjam dan meminjam, tapi dampaknya bisa berakibat fatal apabila tidak sanggup membayar, mereka akan bertindak kasar seperti membentak-bentak yang mungkin bisa tetangga semua mendengar, anak mendengar, saudara mendengar, bahkan hidup jadi tidak nyaman karena setiap hari pada jam tertentu di datangi abang-abang bank-keliling.

      Bagi Anda yang saat ini memang sedang terbelit hutang bank-keliling sebaiknya untuk berhenti meminjam kepada bank-keliling lainnya, dan cobalah mencari jalan keluar dengan cara cara dibawah ini.
      • Meminta waktu kepada bank keliling, bahwa Anda akan melunasi dengan sistem "langsung bayar lunas" ketika Anda sudah memiliki uang.
      • Mencoba meminjam dana ke saudara atau teman terdekat dan segera akhiri pinjaman bank-keliling.
      • Meminta solusi kepada RT setempat untuk mendapatkan jalan keluar yang baik
      Dan teruntuk Anda yang memiliki niat meminjam uang bank-keliling sebaiknya difikir matang-matang karena resiko besar bisa Anda hadapi kemudian, hari dan dalam urusan hutang pihutang utamakan dibicarakan dalam keluarga.

      Baca Juga berita mengenai simpan pinjam lainnya dibawah ini :







      Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai hal apa saja silahkan kirimkan melalui alamat email intippagi@gmail.com