Cara Memelihara Kucing
Intip Pagi, Cara Memelihara Kucing - Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang lucu sehingga cukup digemari oleh manusia. Selain karena lucu, tingkah polahnya yang menggemaskan ini membuat seringkali kita ingin memilikinya.

Namun demikian, sudah tahukan Anda cara memelihara kucing dengan benar? Nah, bagi Anda yang ingin memelihara kucing namun belum memiliki pengalaman untuk memiliki hewan yang menggemaskan ini, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Tips Memelihara Kucing Mulai dari Kecil Hingga Dewasa

Pada dassarnya, anakan kucing ini membutuhkan gizi yang lebih besar jika dibanding kucing yang sudah dewasa. Namun begitu, Anda harus tetap memberi ikan porsi yang cukup dan tidak boleh berlebihan. Dan jika sebelumnya Anda memberi ikan porsi lebih dari 4 kali sehari, ada baiknya jika setelah kucing berumur 5 minggu, Anda mengurangi pemberian makanan hingga 4 kali saja. Selain itu, penting diperhatikan agar jangan sekali-kali memberi ikan makanan anjing untuk kucing karena makanan anjing ini tidak mengandung taurin yang dibutuhkan kucing agar terhindar dari penyakit jantung dan penglihatan kabur.

Setelah kucing berusia 8-10 bulan, hendaknya Anda mulai membisa akan memberi i makanan rumahan seperti susu dan juga nasi agar dia mulai terbisa a mengkonsumsi makanan rumahan sejak kecil. Selain itu, ajari pula kucing melakukan kebisa aan sehari-hari, seperti mengajarkan dia buang air besar di toilet serta makan dan juga tidur di tempatnya. Hal ini agar kucing terlatih mandiri sejak dini.

Nah, untuk perawatan dan cara memelihara kucing yang baik sendiri, hendaknya ketika kucing mulai berbau, Anda tak perlu terlalu sering memandikannya, terlebih menggunakan air hangat karena justru ini akan merusak bulu kucing yang baru tumbuh. Sesekali mandikan kucing dengan air dingin agar bulu yang tumbuh tidak mudah rontok. Setelah mandi, jangan lupa sikat bulu kucing secara teratur karena menyikat bulu ini dapat menghilangkan bakteri, kuman, dan juga menghilangkan rambut mati. Perhatikan pula kebersihan gigi, telinga, dan juga kuku si kucing karena area ini sangat rentan dengan bakteri dan kuman yang akan menyebabkan bakteri berkembang pada kucing dan memberi i dampak penularan kepada manusia.

Selain perawatan, ada baiknya jika Anda memperhatikan tumbuh kembang si kucing. Yakni dengan mengajak kucing bermain-main, karena kegiatan fisik ini akan membantu perkembangan dan pertumbuhan anak kucing. Dengan begitu, kegiatan jalan atau bermain dengan kucing ini akan menjadikan kucing tumbuh sehat. Selain itu, bersikaplah tegas bilamana si kucing sedang berperilaku buruk sehingga dia bisa membedakan mana yang disuka dan tidak disuka si pemilik rumah.

Dan cara memelihara kucing yang baik dan benar yang terakhir, berikan vaksinasi rutin kepada kucing untuk menghindari masuknya virus dan penyakit yang memungkinkan akan menular pada manusia. Maka dari itu, berkonsultasilah kepada dokter hewan agar mendapatkan saran kapan kucing harus diberikan vaksinasi guna menghindari penularan penyakit kucing.