bisnis jambu biji
Bisnis Jambu biji, Editor Pic : Rohandi Blogger

Intip Pagi,  Bisnis Jambu Biji - Berita bisnis Pagi ini datang dari kabar seorang pertani yang meraup jutaan rupiah dalam perbulannya, petani ini adalah Yadi seorang petani jambu biji asal Kuningan, Jawa Barat. petani ini melakukan pemasaran dengan memasarkannya ke berbagai didaerah jawa hingga luar pulau jawa.

Yadi, mengatakan untuk tiap bulannya ia mendapatkan omset jutaan rupiah dari areal kebun jambu miliknya.
"Alhamdulillah untuk setiap bulan kami bisa mendapatkan omset sampai Rp 8 juta rupiah," katanya.

Menurutnya, setiap hari bisa memanen jambu biji Getas, jika saja memasuki panen raya dan jika tidak panen raya seminggu sekali baru bisa dipetik.

Yadi mengatakan, untuk harga masih setabil dikisaran Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per kilogramnya dan pemasaran sudah sampai ke luar Jawa.

"Kalau musim panen raya kami bisa memanen jambu biji itu setiap hari dan musim sekarang ini paling satu minggu sekali. Untuk harganya sendiri sekarang masih stabil," tuturnya.
Sementara itu petani lain Asep menambahkan, untuk lahan jambu para petani itu masih sekala kecil tidak sampai mencapai hektare, akan tetapi untuk keuntungan dari menanam jambu itu sangat terasa, dimana mereka hanya menanam satu kali dan seterusnya memanen.

"Kami merasakan untung menanam jambu biji, karena menanamnya cuma sekali dan tiap bulan kami bisa meraup keuntungan," tambahnya.

Kebun jambu itu terletak di Desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan, mayoritas masyarakatnya adalah petani jambu biji Getas.