Wisata Indonesia yang Mendunia
Photo by :  Porapak Apichodilok
Intippagi - Di balik kekayaan alam Indonesia, tidak hanya terlihat dari ragam budayanya saja. Status negara dengan total pulau terbesar di dunia ini, memiliki pesona alam yang indah dan mampu memukau ribuan mata dari berbagai penjuru dunia. Dari sabang sampai marauke, Indonesia memiliki keistimewaan pada setiap pelosok didalamnya. Hal ini terbukti dengan adanya pesona alam wisata Indonesia yang sampai saat ini tetap menjadi incaran para wisatawan lokal maupun manca negara.
Sibuk dengan segala rutinitas harian, kadang kala membuat kita merasa penat, dan ingin menjajakan kaki untuk sekedar jalan-jalan atau merefresh diri ketika waktu liburan tiba.

Intippagi lovers,,, Bicara tempat wisata yang ada di Indonesia, tentu sangat banyak jumlahnya. Hampir disetiap sudut pelosok tanah air kita ini, terdapat berbagai macam tempat atau objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Jika sedang mencari destinasi wisata untuk mengisi waktu libur Anda, maka berikut dibawah ini daftar wisata indonesia terlengkap dengan sejumlah objek wisata didalamnya.


Wisata di Aceh

  Wisata di Aceh

Berkunjung ke provinsi yang berada di ujung utara pulau sumatera ini, Anda akan mendapati ragam tempat wisata yang menarik. Diantaranya seperti :

1. Museum Tsunami Aceh
Tentu Anda semua masih ingat dengan peristiwa menyedihkan aceh pada tahun 2004. Pada tahun itu telah terjadi gempa berskala besar, tidak sedikit korban jiwa yang termakan akibat bencana alam ini. Dan sebagai langkah antisipasi,  pemerintah aceh setempat telah mendirikan sebuah museum yang berfungsi sebagai tempat perlindungam darurat bila mana terjadi gempa tsunami kembali. 

Selain berfungsi sebagai tempat perlindungan darurat, museum ini juga diperuntukan sebagai pusat pendidikan.
Berlokasi di jalan Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Museum ini dibuka secara umum bagi para wisatawan lokal ataupun asing. Jam buka museum dimulai dari jam 09 pagi hingga jam 05 sore.

Di museum tsunami aceh, Anda akan melakukan berbagai kegiatan menarik seperti : masuk kedalam lorong-lorong museum yang didesain seakan-akan gempa tsunami sedang terjadi, melihat berbagai macam miniatur tsunami, melihat indah pemandangan kolam ikan, dan terdapat juga hidangan khas kuliner aceh.

2. Pulau Weh - Barat daya Pulau Sumatera
Suka berlibur ke tempat wisata alam? Pulau Weh bisa menjadi destinasi liburan Anda tahun ini. Pulau Weh dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan laut yang indah, dan tak kalah dengan keindahan alam bawah lautnya.

Ragam kegiatan dapat Anda lakukan disini, mulai dari scuba diving, snorkeling, dan memancing. Untuk titik lokasinya Pulau Weh berada di jarak 32 km dari Banda Aceh.

3. Gua Sarang - Paya, Sukajaya, Kota Sabang
Suka dengan pemandangan alam yang eksotis, wisata sabang Gua Sarang bisa jadi pilihan destinasi wisata Anda. Disini Anda dapat menikmati keindahan pemandangan pegunungan yang begitu alami, selain itu Anda juga bisa menyewa kendaraan sepeda motor milik warga setempat untuk menuju Gua Sarang yang berlokasi didekat kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut biru.

4. Taman Nasional Gunung Leuser - Kab. Langkat Sumatera Utara
Wisata yang sering disebut dengan TNGL ini memiliki letak wilayah yang terbagi menjadi dua yaitu provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Wisata TNGL ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai kawasan pelestarian alam. 

Bahkan seorang aktor leonardo dicaprio pernah mampir berkunjung kemari.
Jika berkunjung ke wista TNGL ini maka Anda semua akan melihat berbagai macam jenis tumbuhan dan satwa-satwa yang dilindungi seperti jenis mamalia.

5. Museum Negeri Aceh - Kota Banda Aceh
Jika Anda ingin mengetahui seluk beluk tentang suku asli aceh, maka museum negeri aceh ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan wisata.

Dalam sejarahnya, museum ini didrikan sejak masa pemerintahan hindia belanda. Didalam museum negeri aceh terdapat banyak sekali ragam koleksi antik, mulai dari benda zaman prasejarah, masa kerajaan, hingga benda-benda yang identik dengan masa peradaban kolonial Belanda.

Jadi museum ini sangat tepat bila kita jadikan sebagai tempat mengali sejarah yang terjadi di Aceh pada masa lampau.

Wisata di Pulau Sumatera

 

Wisata di Pulau Sumatera

Kita lanjut ke Pulau Sumatera. Jika Anda bertujuan untuk mencari tempat berlibur didaerah sumatera, maka 10 tempat wisata dibawah ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda.

1. Danau Toba - Sumatera Utara
Danau toba menjadi salah satu keindahan alam yang menyimpan banyak sejarah, danau terluas di asia tenggara yang berlokasi di sumatera utara ini selalu menjadi wisata alam pilihan karena keindahan alam nya yang begitu memukau. 

Jika Anda memilih berlibur ke danau toba, pastikan untuk menyiapkan segala macam keperluan seperti makanan ringan atau baju hangat seperti jaket.
Di danau toba Anda bisa menikmati keindahan alam yang natural. Wajar saja hal ini dikarenakan danau toba ini awalnya terbentuk pada 73rb-75rb tahun lalu yang tercipta dari lempengan vulkanik.

Selain dapat menikmati pemandangan, Anda juga bisa melakukan perjalanan sekeliling danau menggunakan perahu yang disewakan disana.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa mampir ke pulau yang berada di tengah danau toba yaitu pulau samosir.

Walaupun pulaunya tidak seluas pulau pulau umumnya, ternyata di dalam pulau samosir ini terdapat berbagai macam tempat menarik seperti misalnya ; Pasir Putih Parbaba, Bukit Indah Simarjarunjung, Museum Batak, Balige, Air Terjun Situmurun, Pantai pasir putih, dan masih banyak lagi.

2. Hairos Water Park - Medan, Sumatera Utara
Berkunjung ke kota medan sangat disayangkan apabila Anda melewatkan wisata wahana bermain yang menarik yaitu hairos water park. Tempat wahana bermain ini adalah salah satu wisata favorit keluarga yang ada di medan. Selain menarik, harga tiket masuk hairos  water park juga sangat terjangkau. 

Tidak jauh dari pusat kota medan yang berada di jalan gamin ginting KM.14 , wisata wahana bermain ini menawarkan ragam hal menarik seperti misalnya ; kebun binatang, bom bom car, kiddy pool (kolam anak), kolam ombak, kolam arus, waterboom, hingga tempat peristirahatan (Gazebo).

3. Riau Fantasi - Pekanbaru
Berkunjung ke pulau sumatera, maka sangat disayangkan apabila Anda melewatkan Riau Fantasi. Riau fantasi ini merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap yang ada di pulau Sumatera.
Akrab dengan sebutan "Labersa Water and Theme Park" ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. 

Didalam wisata ini Anda dapat menikmati ragam permainan seperti ; komedi putar, kereta wisata, kora-kora, sky tower, wave blaster, speedy coaster dan family swinger.

4. Danau Maninjau - Bukit Tinggi
Terkenal dengan panorama alam yang indah nan sejuk ini adalah danau maninjau yang terletak pada daerah bukit tinggi, kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisata danau maninjau adalah Anda dapat berenang ke dalam danau dengan keadaan air yang sangat jernih dan juga segar.

Jika berkunjung ke danau maninjau, maka Anda akan menikmati ragam pemandangan indah dan suasana alam sejuk, sehingga menghirup nafas seperti terasa plong. 

Terdapat beberapa resort penginapan pada sekitar wisata danau maninjau. Jadi jika ingin bermalam disini, Anda tidak perlu khawatir lagi.

5. Pantai Mutun - Bandar Lampung
Pantai Mutun adalah pantai yang terletak di Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Wisata pantai ini dikenal dengan ombak yang tenang dan juga tidak berbahaya. 
Di pantai mutun, Anda dapat menikmati fasilitas sarana permainan seperti misalnya ; banana boat, donut boat, jetski, dan waterboom.

6. Pulau Kemaro - Palembang
Pulau Kemaro adalah wisata terkenal di kota palembang yang terletak di tengah Sungai Musi, dan berjarak sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera.  Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak dikunjungi oleh umat Buddha untuk berdoa dan juga berziarah.

Yang menjadi istimewanya pada pulau kemaro ini adalah ditemukannya sebuah makam seorang putri Palembang. Putri palembang ini mempunyai cerita, yaitu ia menikah dengan anak seorang raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun kisah akhirnya pasangan tersebut mengalami kejadian tragis, yakni menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

7. Pantai Nongsa - Batam
Tempat wisata pantai yang terkenal di Batam adalah pantai Nongsa. Pantai nongsa ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang wajib di kunjungi di Batam. Pantai ini selalu ramai akan wisatawan apalagi disaat hari-hari libur. 

Anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke pantai nongsa. Karena pada pantai ini, sangat identik dengan hamparan pasir putih nan bersih, serta air lautnya yang sangat jernih. 

8. Jambi Paradise - Kota Jambi
Taman witasa air "jambi paradise" adalah wisata yang paling murah dan terjangkau. Jambi paradise terletak di Simpang Acai, Kb. IX, Sungai Gelam, Kota Jambi.

Hal menarik yang ada di jambi paradise adalah food court, berfoto, memberi makan ikan, berkeliling danau, dan bersepeda.

9. Benteng Marlborough - Kota Bengkulu.
Benteng Marlborough adalah wisata sejarah yang berada di daerah Kota Bengkulu. Pada wisata benteng ini, Anda bisa mengali berbagai macam informasi sejarah yang berkaitan tentang kolonial Inggris di Indonesia.

10. Wisata Karang Anyer - Martoba, Kec. Siantar Utara, Kabupaten Simalungun.
Wisata Karang Anyar adalah tempat pemandian alami yang berada di daerah simalungun pematang siantar. Tempat wisata ini memang belum di ketahui oleh banyak orang, karena wisata karang anyer baru saja beroperasi beberapa tahun belakang ini.

Wisata yang ada di Pulau Jawa

 

Pulau Jawa juga gak kalah menarik guys dengan wisaya yang ada dipulau sumatera, yuk capcus,,,,

1. Taman impian Jaya Ancol
Lokasi : Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 14430
Taman impian Jaya Ancol

Salah satu tempat wisata yang terletak di jakarta, memiliki kegiatan yang super duper lengkap mulai dari  Belajar Belanja, Main Makan Nonton. Untuk kegiatan menarik yang ada di taman impian jaya ancol pun cukup banyakkk guys, diantaranya : 

Permainan menarik : 
Hello Kitty Adventure, Ice Age Arctic Adventure, Treasureland Temple of Fire, Halilintar, Tornado Niagara-Gara, Istana Boneka, Hysteria, Arung Jeram, Alap-Alap, Pontang-Pontang, Ontang-Anting, Ombang-Ombang, Rajawali, Burung Tempur, Happy Feet, Baku Toki, Gajah Beledug, Kora-Kora, Turangga Rangga, Bianglala, Perang Bintang, Ubanga Banga, Kalila Adventure, Rumah Miring, Poci-Poci, Kicir-Kicir.

2. Wisata Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo
Lokasi : Surabaya, Jawa timur
Permainan menarik :  Overroad menggunakan jeep dan juga ATV

3. Wisata Kawah Putih
TOP : Wisata Indonesia yang Mendunia
Lokasi : terletak di kawasan Ciwidey, bandung.
Fasilitas  : 
- Area parkir
- Pusat informasi
-  Warung makanan dan
- Mushola

4. Monumen Pahlawan revolusi
Monumen Pahlawan revolusi
Lokasi : Jl. Pondok Gede, RT.1/RW.2, Lubang Buaya, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hal menarik : Mempelajari serta mengingat perjuangan dari para Pahlawan Revolusi yang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.

5. Ocean Park BSD City Serpong
Ocean Park BSD City Serpong
Lokasi :  Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, Kota Tangerang Selatan, Banten
Permainan menarik : 
- Slide n Fun
- Flying tower
- Flying Fox
- Kolam ombak
- Kolam arus
- Splash Town
- Lagoon the Bahama
- Racer Slide

6. Kebun Binatang Ragunan

TOP : Wisata Indonesia yang Mendunia
Lokasi : Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Fasilitas menarik : 
- Taman satwa anak
- Gajah tunggang
- Pusat Primata Schmutzer
- Onta Tunggang
- Kereta keliling
- Pentas satwa
- Penyewaan Sepeda
- Perahu Angsa

7. Lawang Sewu
TOP : Wisata Indonesia yang Mendunia
Lokasi : Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Fasilitas menarik : 
- Museum
- Ballroom,
- Gedung serba guna ( tempat pemotretan, acara prewedding)
8. Kebun Raya Bogor
TOP : Wisata Indonesia yang Mendunia

Lokasi :  Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.
Fasilitas menarik : 
- Reintroduction & Rare Plants Nursery
- Masjid
- Conservation building
- Zoological Museum

9. Candi Singosari
TOP : Wisata Indonesia yang Mendunia

Lokasi : Jl. Kertanegara No.148, Candirenggo, Singosari, Malang, Jawa Timur.
Fasilitas menarik : 
- Area Parkir
- Mushola
- Kamar mandi (MCK)
- Rumah Makan

10. Candi Prambanan

TOP : Wisata Indonesia yang Mendunia

Lokasi : Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Fasilitas menarik : 
- Candi hindu terbesar di Indonesia
- Tempat Ibadah
- Area Parkir
- Tempat Makan
- Dll.

Wisata Pulau Seribu


Masuk ke pelosok pulau yang berbatasan dengan ibukota jakarta, ada kepualauan seribu yang juga terdapat wisata menarik diantaranya :

1. Paket Tidung
Lokasi : Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Sel., Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Permainan menarik : 
- Banana Boat
- Jet Ski
- Pulau menggayuh kanoe

Wisata Pulau Kalimantan

 



Wisata Pulau Kalimantan
Berkunjung ke pulau terbesar ketiga didunia, juga bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda. Pulau yang disebut borneo ini banyak menyimpan wisata alam yang mampu menaklukan mata para traveler. Diantaranya :

1. Danau sentarum
Lokasi : Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Hal menarik : Danau ajaib, karena danau ini tampak seperti kumpulan air yang merendam hutan.

2. Taman Nasional Tanjung Puting
Lokasi : Waringin Barat, Tlk. Pulai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Tempat menarik : 
- Tanjung Harapansi, 
- Pondok Tanggu,
- Camp Lakey
Natai Lengkuas
Sungai Buluh dan Danau Burung

3. Bukit Bangkirai 
Lokasi : Karya Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Fasilitas dan Hal menarik : 
- Wisata Alam
- Restoran, 
- Lamin untuk pertemuan, 
- Kolam renang, 
- cottage,
- Jungle cabin.

4. Hutan Lindung Sungai Wain
Lokasi : Jl Soekarno-Hatta Km 23, Balikpapan. 

Hal menarik yang dapat dilihat : 
- Mengamati kehidupan beruang madu, 
- Helarctos malayanus (beruang matahari dari Malaya, Sun Bear),
- Serangga:  rayap dan ulat kumbang yang hidup di dalam kayu lapuk.

5. Taman Wisata Fantasy Beach
Lokasi : 21 Km dari Pusat Kota Palangka Raya

Permainan menarik : 
-  Memancing, 
- Flying fox, 
- Sepeda air, 
- Outbond,
- event

Wisata Pulau Sulawesi

 

Wisata Pulau Sulawesi

Dikenal dengan kota terbesarnya yaitu makassar. Sulawesi ternyata banyak memendam wisata alam yang dapat memberikan nuansa keindahan bagi para pelancong wisata. Diantaranya wisata-wisata berikut ini :

1. Fort Rotterdam
Lokasi : Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Objek menarik : 
- Kompleks perkantoran Suaka Peninggalan Sejarah Purbakala, 
- Balai Arkeologi, 
- Dewan Kesenian Makassar, 
- Museum Lagaligo

2. Pantai Losari
Lokasi : Sebelah barat kota makassar, sulawesi selatan

Permainan dan fasilitas menarik : 
- Memancing ikan
- Hotspot internet gratis
- Masjid
- Penginapan (hotel)

3. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Lokasi : Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Objek menarik : 
- Karst, 
- goa-goa stalaknit dan stalakmit yang indah,
- Kupu-kupu

Wisata Pulau Papua

 

Berada pada posisi paling timur indonesia, bukan berarti papua tidak memiliki destinasi objek wisata. Hal ini malah sebaliknya, papua terdapat banyak wisata yang paling banyak menuai keindahan alamnya. Berikut daftarnya dibawah ini :


1. Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat
Lokasi : Barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. 

Permainan menarik : 
- Diving (menyelam)
- Snorkeling
- Birdwatching Cendrawasih
- Mendaki Wayag 
- Fotografi
- Berburu kerajinan tangan khas Papua 

2. Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz

Lokasi : Provinsi papua, Indonesia

Taman Nasional Lorentz adalah wisata yanf memiliki kekayaan hayati terbesar di Asia tenggara. Hal ini terbukti dengan adanya banyaknya flora dan fauna asli indonesia yang tumbuh disana. Selain itu terdapat jenis-jenis tanaman khas papua lainnya. 

Taman ini memiliki begitu banyak keindahan, sehingga Anda juga bisa piknik di beberapa titik yang memang di bangun agar anda bisa menikmati pemandangan yang ada di bawah. 

Di taman ini Anda juga dapat melakukan fotografi outdoor, jadi bagi yang hoby jeprat-jepret, silahkan bawa kamera kesayangan Anda ya. 

--Diambil dari berbagai sumber terpercaya--
---Editor artikel : Rohandi Blogger---
Last Update : 7/1/2018