Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi Hari,Intippagi.com

Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi,Intippagi.com

Masukan Alamat Email Untuk Dapatkan Update terbaru Intip Pagi

Get all latest content delivered straight to your inbox.

Tips : Kampus di Indonesia dan Jurusannya

Tips : Kampus di Indonesia dan Jurusannya - Ketika masa sekolah akan selesai, banyak orang yang memutuskan untuk kuliah. Namun ada juga yang memutuskan untuk mencari kerja terlebih dahulu baru kuliah. Apakah anda termasuk salah satu orang yang berencana meneruskan pendidikan ke jenjang perkuliahan? Jika iya, tentu anda sudah harus memilih kampus di Indonesia dan jurusannya yang sesuai dengan minat anda.

Tips : Kampus di Indonesia dan Jurusannya

 
Memilih kampus di Indonesia dan jurusannya tidak boleh sembarangan, karena semua itu harus berdasarkan minat dan juga keahlian di bidang yang diinginkan. Banyak orang yang sampai kuliah tidak tahu minat sebenarnya apa dan akhirnya merasa salah memilih jurusan. Agar tidak terjadi hal demikian, berikut ini adalah tips bagi anda ketika akan memilih kampus dan jurusan yang tepat.

Pilih berdasarkan kemampuan dan minat anda pada bidang yang anda tekuni. 
Jangan memilih jurusan yang hanya berdasarkan keinginan orang tua namun anda tidak memiliki minat di bidang tersebut. Banyak orang yang sudah kuliah namun merasa tidak betah karena dari awal mereka hanya memenuhi keinginan orang tua saja tanpa memiliki minat khusus terhadap bidang yang ditekuni. Jika anda sudah tahu apa minat anda, jangan ragu untuk memilih jurusan sesuai dengan minat yang anda miliki.

Komitmen yang sungguh-sungguh. 
Jika sudah memilih jurusan yang akan anda tempuh, anda harus berkomitmen untuk tetap berada di jurusan yang anda pilih. Tak sedikit kasus orang-orang yang pindah jurusan karena mereka merasa tidak berada di bidang yang diminati, sehingga malah menjadi sia-sia karena membuang uang dan waktu.

Sesuaikan dengan keuangan keluarga. 
Setiap jurusan di kuliah memiliki biaya pendidikan yang tidak sedikit. Setiap jurusan dan kampus biayanya berbeda-beda. Cari tahulah mengenai biaya kuliah di kampus serta biaya per semesternya, apakah orang tua anda sanggup membiayai anda atau tidak. Jika memungkinkan, anda bisa mencoba mencari beasiswa untuk membantu meringankan keuangan orang tua anda.


Ketiga tips tersebut harus anda terapkan dengan baik. Pikirkanlah matang-matang mengenai rencana kedepan anda setelah kuliah, lalu perkiraan kehidupan anda ketika kuliah nanti, apakah bisa merepotkan keuangan orang tua, atau bisa lebih menghemat pengeluaran biaya.