Shrug off sleep  (Menyepelekan tidur)

Intip Pagi, Shrug off sleep (Menyepelekan tidur) - Setiap manusia pasti memiliki temperatur dan daya tahan tubuh yang berbeda beda. Ketika sedang melakukan berbagai macam aktifitas, terutama aktifitas yang membuat diri kita lupa segalanya. Bahkan untuk sekedar tidur pun bisa lupa.


Biasanya hal ini dilakukan oleh pekerja kantoran dan pelajar/mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas nya hingga larut malam. Padahal istirahat terutama tidur itu sangat diperlukan dan sangat penting dalam tubuh namun hal ini selalu disepelekan oleh kebanyakan orang.

Berikut ini admin akan jabarkan dan menjelaskan tentang bahaya dari menyepelekan tidur.

Jangan Lupa Klik Tombol Share Agar Info ini bermanfaat bagi orang banyak. Check it out.

Shrug off sleep  (Menyepelekan tidur)

1. Kekebalan tubuh yang rendah
Saat tidur sebenarnya tubuh sedang bekerja tapi tidak kita sadari. Ketika tidur, tubuh akan memproduksi zat sitokin dan antibodi yang bisa melawan infeksi. Zat sitokin sendiri memiliki pengertian yaitu salah satu dari sejumlah zat yang disekresikan oleh sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh yang membawa sinyal antara sel-sel lokal sehingga berpengaruh pada sel-sel lain. Jadi kurang tidur bisa membuat tubuh tidak memiliki sitokin dan berakibat tubuh akan terlihat lemah, lelah, dan tidak memiliki sistem kekebalan yang baik.

2. Bisa menyebabkan penyakit jantung
Kurang tidur bisa menyebabkan penyakit jantung. Kenapa? Karena sistem pembuluh darah dan kekuatan jantung ketika memompa darah tidak bisa berjalan dengan baik.Kondisi jantung yang kurang baik juga bisa meningkatkan penyakit lain. Jadi tidur yang cukup bisa mengurangi resiko kesehatan jantung.

3. Bisa menyebabkan depresi
Kurang tidur bisa menyebabkan depresi yang sangat berat. Hal ini sering terjadi ketika seseorang memiliki kebiasaan tidur kurang dari 5 jam perhari. Biasanya gejala yang ditimbulkan yaitu rasa cemas, mudah tersinggung, sensitif, dan kondisi badan yang kurang sehat.

4. Menyebabkan gangguan kemampuan dalam belajar
Para pelajar atau mahasiswa biasanya sering kurang tidur dikarenakan tugas yang banyak serta ujian-ujian yang bisa membuat mereka sampai begadang hingga larut malam. Hal ini sebenarnya tidak diperbolehkan bahkan bisa mengalami penurunan fungsi bagi otak. Otak akan kurang konsentrasi , tidak bisa menggunakan nalar yang baik,serta tidak bisa menggunakan ingatan yang baik. Mangkanya disarankan untuk pelajar/mahasiswa yang sedang menempuh studinya supaya memiliki waktu yang cukup untuk tidur agar otak bisa berjalan dengan baik.

5. Bisa menyebabkan kecelakaan bahkan kematian
Saat kita sedang mengendarai kendaraan dalam kondisi mengantuk, itu sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Kadang kebanyakan orang memaksa untuk meneruskan perjalanannya meskipun dalam keadaan mengantuk. Saat sedang mengantuk, biasanya tubuh akan terasa lemas, mata tidak kuat untuk membuka lebar-lebar, dan akan kehilangan sadar diri. Itulah mengapa banyaknya kecelakaan dimana mana dan kematian akibat hal sepele seperti ini. Jadi, lebih baiknya tidur dulu meskipun hanya 1-2 jam.

Itulah beberapa bahaya dari menyepelekan tidur. Bisa memunculkan penyakit-penyakit yang bahaya juga bagi tubuh. Tubuh kita bukan robot yang dapat bekerja 24 jam tanpa istirahat. Jangan terlalu ambisius terhadap kepentingan lainnya. Pentingkan kesehatan diri sendiri itu lebih baik. Sempatkan waktu untuk tidur meskipun hanya beberapa menit.


Keep Smartly, Keep Healthy
Salam Staf Penulis : Anisa Melinda_Intip Pagi