Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi Hari,Intippagi.com

Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi,Intippagi.com

Masukan Alamat Email Untuk Dapatkan Update terbaru Intip Pagi

Get all latest content delivered straight to your inbox.

MasyaAllah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Masjid Bergaya Arsitektur China
Sumber : ksmtour.com
Assalamualaikum, .....hey hey hey ketemu lagi nih ciee. Kali ini mimin intip pagi mau tanya nih. 😃 apa sih yang kalian pikirkan jika mendengar kata "bangunan bergaya arsitektur China" atau "bangunan etnis Tionghoa"? Pasti identik dengan "tempat ibadah klenteng" dan sejenisnya bukan?

Indonesia memang memiliki beragam suku, ras, etnis, dan agama serta toleransi yang kuat antar umat manusia. Dengan toleransi yang kuat itu, semua yang terjadi di kehidupan masyarakat (dengan berbagai latar background) tidak begitu menjadi masalah asalkan sesuai dengan aturan yang ada. Hal ini terbukti dengan adanya toleransi pendirian masjid, gereja, dan klenteng secara berdampingan, bahkan toleransi pemasukan unsur budaya dalam tempat ibadah suatu agama ke tempat ibadah agama lain! Sebagai contoh, bangunan masjid yang dirancang dengan gaya arsitektur China yaitu Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya atau lebih dikenal Masjid Cheng Ho Surabaya. Beneran min? Ya bener dong....masa' boong sih (ehe).

Masjid Bergaya Arsitektur China
Sumber : geotimes.co.id

Terletak di Jalan Gading No.2, Ketabang, Genteng, Surabaya, Masjid Cheng Ho Surabaya diresmikan pada 13 Oktober 2002, yang mana diawali dengan peletakan batu pertama pada 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Penamaan masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Cheng Ho, laksamana asal China yang beragama islam. Bangunan Masjid Cheng Ho Surabaya menyerupai klenteng yang didominasi warna merah (simbol kebahagiaan), hijau, dan kuning (simbol kedamaian).

Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda dengan relief naga dan patung singa dari lilin serta lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda. Tak lupa, sebuah beduk di kiri bangunan sebagai pelengkap masjid. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 21X11 meter persegi dengan luas bangunan utama 11X9 meter persegi. Perancang arsitektur dari masjid ini ialah Ir. Abdul Aziz dari Bojonegoro yang mana ia memadukan gaya Tiongkok dan Arab. Arsitektur Masjid Cheng Ho ternyata diilhami Masjid Niu Jie (Ox Street) di Beijing yang dibangun pada tahun 966 Masehi.

 Masjid Bergaya Arsitektur China
Sumber : bangsaonline.com
Nah, sekarang udah tau kan seluk-beluk mengenai Masjid Cheng Ho Surabaya. Bagi kalian para muslim/muslimah traveller atau yang pengin ngerasain nuansa masjid bergaya arsitektur China, kuy kunjungi! Tapi tetep yaa, tujuan utamanya adalah beribadah, jangan cuma selfie-selfie doang hihi. Penganut agama lain juga boleh kok mengunjungi dan melihat masjid ini dari luar! Oke cukup sudah ya penjelasan kali ini. Wassalamualaikum

Salam Penulis : Afifah_IntipPagi