Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi Hari,Intippagi.com

Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi,Intippagi.com

Masukan Alamat Email Untuk Dapatkan Update terbaru Intip Pagi

Get all latest content delivered straight to your inbox.

Fasilitas Pendidikan Bagi Para Difabel di Universitas Brawijaya Malang

Intip Pagi - Meskipun sudah lama berdiri, tetapi Universitas Brawijaya memang lebih banyak dicari para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana tidak, segudang prestasi yang ditorehkan dan berbagai kegiatan menarik memang ditawarkan oleh kampus beralmamater biru tua ini. Bahkan sekarang ada juga fasilitas belajar untuk para difabel supaya dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi berkelas ini. 

Fasilitas Pendidikan Bagi Para Difabel di Universitas Brawijaya Malang
Universitas Brawijaya Malang sumber : kampusaja.com

 
Di website www.plsd.ub.ac.id, para difabel akan mendapatkan akses pendidikan. Supaya lebih jelas bagi para difabel yang ingin mendaftarkan diri, berikut adalah tahapan yang bisa dilalui:


Tahap 1: Pendaftaran Peserta SKPD UB
Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SKPD) dimulai dari proses pendaftaran. Pendaftaran yang dilakukan langsung ke bagian administrasi. Untuk persyaratannya dokumen kelulusan sangat dibutuhkan. Tidak hanya lulusan sekolah reguler, Universitas Brawijaya juga memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa lulusan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Formulir pendaftaran bisa diunduh melalui halaman website www.selma.ub.ac.id. Lalu, setelah formulir diisi maka kirimkan ke email penerimaan.psld.ub@gmail.com atau psldbrawijaya@ub.ac.id. Jika sudah lolos seleksi administrasi maka ada biaya pendaftaran Rp 500.000,00 yang ditransfer ke Bank BNI.

Tahap 2: Simulasi Materi Dasar Perkuliahan
Pada tahap 2 ini, para calon mahasiswa akan mendapatkan simulasi dari materi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tidak ketinggalan materi Kewarganegaraan pun diberikan. Lama simulasi adalah 1 hari.

Tahap 3: Psikotes dan Tes Kesehatan
Waktu yang dibutuhkan dalam melaksanakan psikotes serta tes kesehatan adalah 1 hari saja. Jadi jangan sampai ketinggalan tanggal tesnya.

Tes Wawancara
Jangan khawatir untuk tes yang satu ini. Karena penyandang tunarungu akan diberi fasilitas penerjemah bahasa isyarat yang akan memudahkan pemahaman terhadap pertanyaan. Selain itu, penggunaan bahasa isyarat juga boleh dilakukan untuk menjawab setiap poin pertanyaan wawancara.

Pengumuman Hasil Penerimaan
Setelah diumumkan diterima atau tidak, maka selanjutnya para pendaftar harus segera melengkapi proses pemberkasan dengan dokumen seperti keterangan lulus dan lainnya. Jika sudah diterima, semua mahasiswa bisa bergabung dalam UKM seperti lainnya tanpa memandang keterbatasannya. Ketika mengalami kesulitan memahami materi perkuliahan, ada sukarelawan dari mahasiswa Universitas Brawijaya sendiri yang akan membantu menerjemahkan bahasa isyarat.