Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi Hari,Intippagi.com

Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi,Intippagi.com

Masukan Alamat Email Untuk Dapatkan Update terbaru Intip Pagi

Get all latest content delivered straight to your inbox.

Kampus di Indonesia yang Ada Jurusan Astronomi

Kampus di Indonesia yang Ada Jurusan Astronomi
sumber: itb.ac.id
Intip Pagi - Kampus di Indonesia yang Ada Jurusan Astronomi- Astronomi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai benda-benda di langit dan luar angkasa. Jurusan astronomi mempelajari tentang pengamatan benda di langit seperti komet, bintang, nebula, galaksi, dan lain-lain. Astronomi ilmunya sangat erat kaitannya dengan fisika. Di belahan dunia ini, jurusan astronomi merupakan jurusan tertua dan paling disegani.

Kampus di Indonesia yang Ada Jurusan Astronomi


Di Indonesia sendiri, tidak banyak kampus yang menyediakan jurusan astronomi. Kampus di Indonesia yang ada jurusan astronomi hanya di ITB. Jadi, apabila anda memiliki minat terhadap bidang ilmu ini, anda bisa mendaftar ke jurusan astronomi ITB. Selain itu, jurusan astronomi hanya tersedia di Negara-negara lain seperti Belanda.

Di ITB, jurusan astronomi sudah berdiri sejak tahun 1951 dan termasuk ke dalam FMIPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan astronomi di ITB memiliki tingkat pendidikan dari S1 sampai S3, dan semuanya telah terakreditasi A. Jurusan astronomi ini telah menghasilkan lulusan terbaik yang nama-namanya telah diabadikan menjadi nama asteroid di luar angkasa.

Perlu anda ketahui bahwa jurusan astronomi di ITB ini merukan satu-satunya jurusan astronomi yang tidak hanya di Indonesia, namun juga menjadi satu-satunya di Asia Tenggara. Terhitung sudah bahwa jurusan astronomi memang sangat sedikit di wilayah Asia. Peminat jurusan astronomi ini juga masih sedikit, jadi anda memiliki kesempatan untuk masuk ke jurusan ini.

ITB menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang pendidikan astronomi di Indonesia, di antaranya adalah perpustakaan dengan koleksi buku terlengkap mengenai studi astronomi. Lalu ada laboratorium canggih, internet yang memadai, dan juga ruang khusus observasi Bosscha. Fasilitas ini dibangun untuk mendukung kenyamanan dan juga sebagai kelengkapan akan kebutuhan pendidikan astronomi.

Pendidikan astronomi di ITB ini membentuk pola pikir seseorang mengenai logika berdasarkan analisis ilmiah. Mahasiswanya dididik dengan ilmu-ilmu fisika dan kimia yang kuat dan memiliki kaitan yang erat terhadap ilmu astronomi di luar angkasa ini. Mahasiswa nantinya bisa memahami fenomena alam yang terjadi di luar angkasa dan meneliti lebih jauh mengenai pembentukan benda-benda di langit yang menghiasi pemandangan di malam hari.