Informasi Biaya Pendidikan ITB bagi Mahasiswa
Rektor ITB Beri Orasi Ilmiah pada Dies Natalis ke-36 IKOPIN, sumber : www.itb.ac.id
Intip Pagi - Bagi orang tua yang ingin menguliahkan anaknya ITB merupakan salah satu kampus favorit. Berbagai hal perlu dipersiapkan sebelum mendaftar untuk kuliah di sana, termasuk memikirkan tentang biaya pendidikan ITB. Kebijakan yang berbeda – beda antara kampus satu dan lainnya mengenai biaya kuliah menjadikan calon mahasiswa beserta orang tua harus ekstra siap – siap dalam hal keuangan. Ada keperluan lain yang juga nantinya harus dihitung demi kelancaran kuliah, diantaranya adalah kos, makan sehari – hari, laundry, dan lain sebagainya.


 
Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa sejak tahun 2013 pihak ITB tudak memberlakukan lagi yang namanya uang pangkal dengan adanya ketentuan mengenai UTK (Uang Kuliah Tunggal). Bersan UKT untuk per semester bagi mahasiswa fakultas non SBM adalah Rp 10.000.000,00. Biaya UKT lebih tinggi bagi mereka yang  Sekolah Bisnis Manajeman yakni sejumlah Rp 20.000.000,00 tiap satu semester.

Kebijakan mengenai biaya pendidikan ITB ini berlaku untuk semuanya, dengan pengecualian orang – orang yang memerlukan bantuan untuk biaya pendidikannya dapat memperoleh keringanan sesuai dengan kemampuan ekonomi dari orang tua yang tergolong bawah. Kriteria beserta persyaratan untuk bisa memperoleh bantuan dalam biaya pendidikan ini bisa mencari informasinya melalaui http://usm.itb.ac.id/. Yang merupakan laman resmi dari kampus ITB.

Pihak ITB juga memberikan subsidi kepada calon mahasiswanya yang tergolong kurang mapu dalam hal ekonomi. Besar kecilnya subsidi yang akan diperoleh oleh mahasiswa yang bersangkutan tergantung dari data ekonomi mereka. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dalam mengikuti tes SNMPTN maupun SBMPTN maka akan dapat memperoleh informasi tersebut dari pihak ITB. Kebijakan mengenai subsidi ini bagi kampus ITB ditujukan untuk calon mahasiswa yang non SBM.
Bagi calon mahasiswa  salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai biaya pendidikan ITB untuk Program Peminatan. Peserta yang nantinya mengambil program peminatan di ITB tidak akan mendapatka n beasiswa secara otomatis. Akan tetapi hal yang perlu diketahui adalah ITB tidak akan membatasi calon mahasisnya nantinya akan memperoleh beasiswa – beasiswa dari sumber – sumber lain.