Kesehatan , Tubuh atletis -  Hampir semua orang mengidamkannya. Mulai dari melakukan fitness (ngeGym) pun sering dijadikan sebagai jalan alternatif. Sangat wajar karena didalam tempat-tempat Gym terdapat aneka ragam peralatan olahraga yang terbilang lengkap. Belum lagi jika ditambah instruktur (pemandu) fitness, sangat menyenangkan tentunya.

cara membuat tubuh atlestis
Photo by : pixabay
Intippagi lovers,,, fitness memang merupakan hal yang sangat direkomendasikan untuk soal membentuk tubuh menjadi lebih fit dan atletis.
Namun selain daripada fitness ada hal yang harus lebih diperhatikan yaitu pola makan yang dijadikan faktor penjunjang tubuh menjadi atletis, dan karena fitness saja tidak cukup.
Berikut dibawah ini panduan pola makan untuk menjaga asupan nutrisi dalam pembentukan tubuh yang fit dan atletis.

Pola Makan Untuk Membantu Pembentukan Tubuh Atlestis

1. Makanan yang mengandung sumber karbohdirat
Makanan yang mengandung karbohidrat sangat berperan penting dalam mendukungnya penampilan tubuh menjadi lebih atletis. Hal ini dikarenakan didalam karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberikan energi saat melakukan olahraga atau fitness. Selain itu, glukosa ekstra dalam bentuk glikogen juga akan disimpan dalam otot serta hati yang berfungsi sebagai cadangan energi. Glikogen dibutuhkan pada saat Anda melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi.
Rekomendasi bagi Anda yang rutin berolahraga setiap hari, dianjurkan agar memilih mengonsumsi makan-makanan berkarbohidrat sekitar 50 s/d 60 % dari menu makan perhari. Dengan cara seperti ini, tentu akan membantu serta mendukung kondisi kesehatan fisik dan berat badan.
Anda bisa memilih jenis makanan yang mengandung sumber kabohidrat seperti misalnya : sereal, nasi, kentang, biji-bijian utuh, dlsb.

2. Makanan & Minuman yang mengandung sumber protein, misalnya ; daging tak beelemak, daging unggas, telur, kacang-kacangan, & susu rendah lemak.
Makanan yang mengandung sumber protein akan memiliki fungsi yang baik pada tubuh, misalnya menjadi sumber energi dan berperan untuk memperbaiki otot-otot. 
Banyaknya asupan makanan yang mengandung protein sangat berpengaruh dari kondisi berat badan dan banyaknya aktifitas olahraga yang dilakukan.
Pendidikan Olahraga Medis di Amerika, atau yang disebut dengan (ACSM), membuktikan bahwa sumber protein yang dibutuhkan perhari ialah sekitar 15 s/d 20% dari menu makan perhari.
Hasil penelitian ACSM yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan, bahwa asupan protein lebih sering meningkatkan pembentukan otot.

3. Makanan & Minuman yang mengandung sumber lemak, misalnya ; kacang almond, alpukat, & minyak zaitun.
Makanan yang mengandung sumber lemak dapat memberikan manfaat sebagai sumber energi yang diperlukan saat Anda melakukan olahraga rutin jangka panjang.

Jika mengalami kekurangan lemak, maka akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh untuk menjadi atletis, selain itu tubuh juga akan mengalami gangguan penyerapan vitamin.

4. Makanan & Minuman yang mengandung Sumber vitamin dan mineral
Pada umumnya sumber vitamin dan mineral memang tidak menyediakan energi, namun vitamin dan juga mineral sangat berfungsi penting untuk membantu proses pembentukan tulang kuat, serta membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Selain itu peran beserta fungsi dari beberapa jenis mineral juga sangat memengaruhi kadar cairan dalam tubuh serta kinerja otot.

Anda bisa mengonsumsi multivitamin dalam aktifitas harian, namun tidak terlepas dari anjuran konsultasi dokter atau ahli nutrisi.

5. Penting!!! Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.
Tubuh sangat perlu yang namanya asupan air, dan hal ini dikarenakan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, asupan air juga sangat penting untuk menjaga temperatur dan menghidrasi tubuh.

Disarankan dua jam sebelum sebelum melakukan kegiatan olahraga, dianjurkan untuk Anda meminum 2 gelas kurang atau lebih. Dan selama dan setelah selesai berolahraga, dianjurkan untuk Anda terus meminum 1 gelas air setiap 15-20.
Catatan penting, Anda harus tetap minum walaupun kondisi tidak haus. Sedangkan untuk memastikan bahwa kondisi tubuh tidak kekurangan cairan adalah dengan cara melihat warna urine yang cerah atau bening. Jika air urine terlihat kuning (keruh), itu artinya kondisi tubuh sedang mengalami kekurangan cairan mineral.
Tips tambahan untuk bentuk tubuh yang atletis adalah dengan cara melakukan konsultasi pola olahraga dan juga nutrisi kepada dokter dan ahli nutrisi. Hal ini mengingat bahwa tidak semua diantara Anda memiliki kondisi kesehatan tubuh yang sama.