Otomotif, Biaya Perawatan Mobil -  Hai intip pagi lovers, bicara membeli mobil pastinya ada hal yang harus Anda pertimbangkan,,,, dan itu bukan soal harga ataupun merek mobil saja. Melainkan Perhitungan terhadap besarnya biaya yang harus dikeluarkan ketika terjadi kerusakan dalam mobil.
biaya perawatan mobil
sumber gambar  : thealmostdone.com
Pentingnya suatu kendaraan memang sudah tidak dipungkiri lagi, terlabih halnya kendaraan bermobil. Baik itu mobil yang digunakan sebagai kendaraan pribadi, angkutan umum, mobil barang dan jenis mobil lainnya.

Semua jenis mobil dan dioperasikan untuk apa tentulah kita harus memilih mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya; performa, mesin, desain interior, ekterior ataupun mobil yang hemat bbm.  

Kita ambil contoh :
Anda ingin membeli mobil untuk kendaraan pribadi. Dan yang perlu kalian perhitungkan disini tentunya adalah beberapa spesifikasi mobil dari berbagai merek yang ada dipasaran.

Lalu apa yang kemudian harus Anda lakukan ?
1.) Pastikan Anda langsung mengunjungi showroom mobil terdekat agar lebih mendapatkan informasi jelas terkait mobil yang ingin dipertanyakan spesifikasinya. Atau bisa juga melalui website resmi merek-merek mobil, anda bisa mencarinya melalui google.com.

2.) Ketika Anda sudah melihat dan mengetahui beberapa spesifikasi dari berbagai macam merek mobil, tentunya Anda sudah mendapatkan gambaran yang dapat dimasukan kedalam wishlist.

3.) Setelah benar-benar menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda, maka langkah kongkrit selanjutnya adalah melakukan "perhitungan biaya perawatan mobil"  sebelum Anda benar-benar resmi membeli mobil melalui showroom.

Ini Loh Besar  Biaya Perawatan Mobil Yang Wajib Kamu Perhitungkan

Dibawah ini adalah hal yamg  paling wajib diperhitungkan ketika ingin membeli mobil, yaitu mengetahui berapa besar biaya untuk perawatan mobil. Check it Out.

1. Biaya Dalam Penggunan Bahan bakar (BBM)

 “Konsumsi BBM” merupakan salah satu faktor yang cukup diperhitungkan dalam berkendaraan. Terlebih setiap tahun harganya seringkali mengalami kenaikan, ditambah lagi dengan kondisi kesehatan mesin yang harus perlu dirawat.

- Biaya penggunaan bbm aktif harian Anda untuk ukuran jarak rata-rata 60 km
1 Minggu = Rp 250.000 hingga Rp 350.000, (Bahan Bakar Premiun)

***Jika untuk bahan bakar premium anda bisa menghabiskan dana sekian. Maka untuk penggunaan bahan bakar beroktan, biayanya tentu lebih tinggi.


2. Biaya Perawatan rutin Mobil
Perlu diingat bahwa perawatan mobil itu adalah syarat utama yang harus dilakukan, agar mobil selalu dalam performa yang terbaik dan kondisi mesin yang sehat.

***Sebagai informasi tambahan ; 
Perawatan di bengkel resmi untuk merek mobil Avanza biaya yang diperkirakan adalah Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta sekali kunjungan.  Dan untuk melakukan perawatan biasanya dilakukan setiap 6 bulan 1 x.

3. Biaya Asuransi Mobil
Pada point ini intip pagi hanya memberikan singkat saja, namun pada intinya asuransi mobil ini berfungsi untuk melindungi mobil dari kondisi yang tidak diinginkan, misalnya jika suatu saat nanti akan terjadi kerusakan akibat kecelakaan ataupun penyebab lainnya.

Dengan adanya asuransi mobil ini akan membantu tentunya.  Untuk berapa jumlah besar biaya asuransi mobil anda dapat mengunjungi google atau klik link berikut ini : https://www.google.com/search?q=biaya+asuransi+mobil&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab

4. Biaya Perawatan lain-lain
Selain biaya-biaya yang disebutkan sebelumnya, ada juga biaya lain yang harus Anda keluarkan dalam penggunaan mobil, yakni:
  • Biaya spooring and balancing ban, sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000
  • Penggantian ban mobil, misalnya untuk Avanza sebesar Rp 500.000/ban
  • Biaya penggantian batere mobil, alias accu, sebesar Rp 150.000 – Rp 300.000. Satu mobil Avanza membutuhkan 3 accu mobil
  • Biaya untuk radiator dan filter mobil
  • Biaya parkir bisa mencapai sekitar Rp 850.000 per bulan, jika menghitung pemakaian parkir langganan di hari kerja dan parkir di mal dan tempat-tempat lain saat akhir pekan
Kunjungi Juga : Cara menghemat bbm mobil menjadi irit 30% [Terbukti

Demikianlah informasi mengenai perkiraan biaya perawatan yang harus dikeluarkan ketika Anda memiliki Mobil. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di informasi pagi selanjutnya, sukses untuk kita semua.