Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi Hari,Intippagi.com

Selamat Datang Di Situs Informasi Pagi,Intippagi.com

Masukan Alamat Email Untuk Dapatkan Update terbaru Intip Pagi

Get all latest content delivered straight to your inbox.

Hamil 8 Bulan, Jangan Tidur Sembarangan ! Simak 4 Tips berikut ini

Kesehatan, Ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatannya, terlebih halnya dalam mengatur waktu istirahat (tidur). Menginjak usia kehamilan 8 bulan, seorang ibu tidak boleh asal dalam memilih posisi tidur, karena akan membahayakan dampak negatif terhadap si ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Dokter spesialis kandungan Dr. Dyah Novita Anggraini menjelaskan: "bahwa ibu hamil 8 bulan tidak boleh menganggap sepele posisi tidur, sebab akan menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu dan juga janin".

posisi tidur ibu hamil 8 bulan
Photo by : pixabay

Agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga, ada 4 langkah dalam memilih posisi tidur bagi Anda yang tengah menginjak usia kehamilan 8 bulan. Diantaranya :

Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan

1. Tidur miring menghadap kiri
Langkah pertama : Anda bisa memilih posisi tidur miring menghadap kiri. Posisi tidur ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena untuk mencegah terjadinya pembengkakan akibat penumpukan cairan. Manfaat dari posisi tidur miring juga dapat membuat aliran darah dan nutrisi ke janin tetap berjalan lancar.

2. Letakkan bantal di bawah perut
Langkah ke dua : Agar posisi tidur menyamping terasa nyaman, Anda bisa meletakan bantal di bawah perut. Dengan meletakan bantal, ini akan berfungsi sebagai penopang yang bertujuan agar perut tidak mengalami tekanan secara berlebih. Selain meletakan bantal pada bawah perut, Anda juga bisa meletakkan bantal di bawah dada untuk mengurangi gejala sesak napas.

3. Posisi kepala harus lebih tinggi
Sangat dianjurkan ketika tidur menyamping. Mulailah menumpukkan beberapa bantal di bawah kepala, agar posisi kepala menjadi lebih tinggi. Memposisikan kepala lebih tinggi akan bermanfaat untuk mencegah naiknya refluks asam lambung ke bagian dada Anda, sehingga cara ini sangat efektif mengurangi keluhan dada seperti rasa terbakar (heartburn).

4. Topang kaki dan punggung Anda
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan bantal sebagai penopang kedua kaki hingga betis. Hal ini bertujuan agar tidur Anda terasa nyaman. Agar lebih terasa nyaman, Anda bisa meletakan bantal pada belakang punggung untuk bertujuan sebagai penopang area punggung dan juga pinggang.

Jika dalam tips ini Anda masih merasa kurang nyaman ketika tidur, ada baiknya untuk melakukan konsultasi pada dokter spesialis kandungan.